Laman

Selasa, 19 Desember 2017

Cerita Bocah Ciledug Pelesiran ke Korea (Part II)


Setelah ketunda berminggu-minggu, akhirnya gue niatin diri lagi nulis cerita tentang jalan-jalan gue ke Korea bulan November kemarin. Kalo kemarin gue udah nulis tentang awal mula gue ke Korea, ke-norak-an gue ngerasain musim gugur di Korea, dan gimana nyari makanan halal di Korea, kali ini gue bakal ceritain tentang baju yang gue pake selama di sana, kegilaan belanja, dan juga kehidupan orang asli Korea. Cekidot!



Strategi Pake Baju Hangat Selama di Korea

Hal pertama yang gue pikirin setelah gue beli tiket ke Korea adalah baju apa yang mesti gue pake pas di sana. Mengingat Ciledug dan sekitarnya yang panas banget, sehari-hari baju gue banyakan bahannya tipis. Yah pasti lo juga lah ya, gila kali pake coat di sini yang ada cepet kurus lo sauna mulu.

Belom juga lunasin travel dan nabung buat apply visa, gue udah belanja baju HAHAHAHA! Menurut gue baju itu penting banget. Selain gue pengen OOTD eles-eles, gue juga nggak mau mati kedinginan di sana karna gue ke sana kan pas musim gugur. Jadi bayangan gue ya pasti dingin. Gue juga cari tau sana-sini cuaca Korea berapa derajat di bulan November.

Ini gue pake heattech turtleneck, kamisol, dan denim jacket tebel. Bawahannya pake legging heattech plus legging tipis biasa ditambah kulot tapi nggak mempan di cuaca 2 derajat :))

Baju yang gue beli pertama itu army military jacket yang gue beli di Pomelo. Lagi liat timeline instagram, eh ada iklan Pomelo. Yaudah nggak pake pikir panjang gue langsung beli karna bentuknya mirip parka gitu.

Mendekati keberangkatan, gue mulai beli heattech turtleneck di Uniqlo. Pas gue beli sih harganya Rp 149 ribu, tapi gue saranin lo aja sih kalo emang lo pengen liburan ke negara lain pas musim dingin, mending lo berburu baju hangat pas musim panas atau kalo di sini sekitar pertengahan tahun karna biasanya banyak diskon.

Gue juga beli legging heattech Uniqlo harganya Rp 199 ribu. Anyway, ini gue yang norak apa gimana, pas gue pake tuh legging heattech di Indonesia, rasanya panas banget berasa pake koyo. Tapi pas gue pake di Korea, buset dah, kagak berasa! Kayak pake stocking biasa aja gitu. Makanya buat lo yang kayak gue, nggak tahan dingin, mending bawa legging tambahan yang agak tebel buat melapisi legging heattech.

Jadi pengalaman gue hari pertama di sana pake legging heattech dan legging biasa, gue jalan-jalan ke Gwanghamun Plaza. Semacam alun-alun gitu lah kalo di sini. Banyak banget anginnya, kaki gue gemeter karna tetap nembus anginnya. Pas ke Nami, akhirnya gue pake legging tiga lapis!

Pas ke Nami ini atasn gue pake heattech, sweater tipis, overall dress, dan jaket. Bawahannya legging 3 lapis. Kali ini gue selamet karna strategi berpakaian gue ini berhasil menahan dingin!

Nah, gue juga bawa coat yang gue beli di Zara sebelum berangkat. Sebenernya gue tuh bimbang banget pas mau beli coat di sini, karna orang travel bilang mending gue beli di sana aja lebih murah dan banyak yang lucu-lucu. Tapi karna gue anaknya nggak mau ambil resiko dan takut repot, gue akhirnya beli juga di Zara.

Tapi emang dasar manusia ya, menyesalnya belakangan. Pas gue jalan-jalan ke Hongdae, ternyata bener dong kalo coat di sana lucu-lucu banget dan murah! Harganya mulai dari 25 ribu won atau sekitar 300 ribuan. Jauh banget kan dari coat di sini yang paling murah 600 ribuan, itu juga masih tipis.

Makanya gue saranin nih buat lo yang pengen jalan-jalan ke Korea di musim dingin, bawa coat satu atau dua ajalah. Nanti lo beli lagi coat yang lebih murah di Hongdae, dijamin lo nggak bakalan nyesel deh!

Coat gue pake ini ter-murmer di Zara. HAHAHA

Soal pake sepatu, gue juga nyaranin supaya lo pake sneakers ternyaman yang lo punya. Gue tau banget nih orang Indonesia sehari-harinya jarang jalan jauh. Paling jauh palingan pas lo ngejar tukang bakso yang kalo dipanggilin budeg banget kagak denger-denger.

Selama di sana lo bakal naik transportasi umum macem bus atau subway (kereta bawah tanah), yah tapi kalo lo banyak duit mah ya terserah lo aja naik taksi atau rental mobil pribadi. Setiap ke stasiun subway, lo bakalan naik turun tangga. Udah gitu struktur tanah di sana tuh turunan-tanjakan jadi lo mesti siap-siap koyo.

Emang sih bakalan kece banget kalo foto OOTD pake ankle boots atau heels, tapi apa lo nggak sayang kaki lo dan jadi nggak menikmati liburan lo? Ya nggak apa-apa juga sih kalo lo rela bawa sepatu cadangan di tas demi OOTD paripurna, tapi gue sih males banget cuma demi OOTD mengorbankan liburan impian gue.

Perawatan Kulit Selama di Korea

Ini juga penting banget lo perhatiin sebelum bepergian ke negara yang iklimnya beda sama tempat tinggal lo. Gue, bocah Ciledug yang biasa kepanasan, produksi minyak di kulit gue banyak dan gue ini gampang banget jerawatan. Kebetulan gue pas berangkat juga lagi banyak banget jerawat sih.

Muka aing jerawatan parah sebenernya tapi ketutup loose powder L'Oreal yang super emejing! Betewe, mohon maap pipi ane yang luber ya, gan!

Gue pikir tuh ya karna cuaca Korea yang dingin dan kering bikin kulit gue yang minyakan dan terbiasa di cuaca lembap ini fine-fine aja, taunya malah makin parah! Jerawat gue malah tambah banyak karna gue cuma pake sunscreen dan bedak sebelum keluar. Gue skip pelembap karna gue rasa nggak perlu, kulit gue kan berminyak. Justru gue salah besar!

Hari pertama dan kedua sih gue merasa kulit gue gapapa. Tapi malem ke dua, gue baru sadar kalo kulit muka gue kering dan mengelupas. Langsung deh tuh gue mampir Myeong-dong cari pelembap Missha Super Aqua Clear Cream buat gue pake siang sebelum keluar hotel. Untung gue bawa Laneige Water Sleeping Mask, jadi pas sebelum tidur gue pakein itu.

Gue pun beli COSRX Salicylic Acid Gentle Daily Cleanser karna gue merasa nggak ngaruh bersihin muka gue selama di Korea cuma pake Bioderma Micellar Water dan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Muka gue pun akhirnya mendingan setelah gue pakein itu.

MY SAVIOR!

Tapi gue selama di sana cuma perhatiin muka aja, nggak perhatiin badan. Pas sampe Ciledug, gue baru sadar kalo kulit kaki gue bersisik karena kering banget! Bokap sempet ngingetin gue bawa body lotion, tapi karna mikirnya takut makan tempat akhirnya nggak gue bawa dan gue nyesel banget.

Setelah balik dari Korea, kulit gue pun malah makin nambah jerawatnya. Nggak tau gara-gara apa, atau mungkin perubahan iklim yang ekstrim dari panas banget ke dingin banget trus ke panas banget lagi jadinya kulit muka gue bingung (?)

BELANJA!

Nah, ini dia nih yang paling ditunggu-tunggu, yakan?! Nggak peduli kemana pun kita jalan-jalan, belanja jadi hal yang wajib banget! Barang pertama yang gue beli begitu sampe di Korea adalah.... susu pisang! Duh emang deh kalo lo ke Korea, wajib banget deh nyobain yang namanya Banana Duyu alias susu pisang. Coy, sumpah enak banget itu! Gatau dah ada babinya apa enggak, abisnya enak banget demi Allah demi Rasulullah!

Tiap hari woy gue beli. Pagi-siang-sore gue pasti beli. Kalo ngaso di stasiun subway, gue melipir sevel beli susu pisang. Baru sampe daerah hotel, mampir sevel dulu beli susu pisang. Selama di sana, otak gue cuma mikir; gue mesti beli susu pisang! Seenak itu vroh!

Sevel atau mini market di sana ini juga bisa nih lo jadiin salah satu sasaran belanja buat oleh-oleh. Banyak makanan dan minuman yang cuma ada di Korea dijual di sini. Macem susu pisang, kacang almond beraneka rasa, yoghurt jelly, bahkan soju! Cuma yah mesti teliti banget kalo emang lo takut nggak halal, ya.

My love, cintaku, sayangku, kasihku susu pisang!

Yang pasti lo emang wajib, kudu, harus, mesti banget dah ke Myeong-dong! Ibaratnya nih ya, lo kagak ke Korea kalo nggak mampir belanja di Myeong-dong. *LEBAY*

Di sana itu pusat kosmetik, jadi kebanyakan isinya ya toko kosemtik berbagai merek Korea. Mau merek apa aja ada di sana, termasuk COSRX, KLAIRS dan KLAVUU yang lagi hitzzzzz banget.

Soal tiga brand yang baru gue sebut tadi, mungkin carinya agak susah karna khusus COSRX dan KLAIRS nggak punya store sendiri. Kalo KLAVUU sih udah ada store sendiri, tapi agak nyempil gitu jadi lo mesti teliti banget liat plang tokonya.

Kalo COSRX dan KLAIRS itu ada di A-LAND. Di sana COSRX maupun KLAIRS ada rak khususnya dan stoknya nggak begitu banyak. Oh iya, di Olive & Young (semacam Guardian atau Watson) juga kadang ada produk COSRX tapi nggak begitu lengkap.

Yang bikin wow-amazing-fabulous-mencengangkan-spektakuler di Myeong-dong adalah lo bisa mendapatkan banyak sampel gratisan dan diskonan, terutama sheet mask! NATURE REPUBLIC, The Face Shop, dan beberapa brand suka bikin diskon beli 10 sheet masks gratis 10 lagi dengan harga cuma 10 ribu won atau sekitar Rp 120 ribuan aja!

Kalo lo beli banyak, mereka bakal nyelipin produk gratisan lain kayak hand cream atau beberapa sheet mask lagi buat lo. Mantep nggak tuh?!

Myeong-dong yang nggak pernah sepi
Buat yang demen produk Etude atau The Face shop emang lo mesti beli banyak deh pas ke sana. Murah banget gilak! Eyebrow Designing Pan The Face Shop yang di sini dijual Rp 90 ribu, di sana cuma 3 ribu won which is cuma 36 ribu rupiah coy! Jauh banget, kan! Makanya mending lo borong deh tuh yang banyak sekalian buat stok.

Selain di Myeong-dong, lo juga bisa beli oleh-oleh skincare atau makeup di stasiun subway karna hampir di setiap stasiun subway pasti ada store makeup. Mereka juga suka ngasih diskonan, jadi mumpung pas lo lewat dan lagi banyak diskon, mending lo sikat men! Karna nggak semua store itu ngasih diskon yang sama, jadi jangan sampe lo nyesel.

Nggak cuma makeup, lo juga bisa belanja baju-baju murah di Korea. Di stasiun subway juga banyak lho toko-toko yang jual baju-baju lucu dan murah. Di beberapa tempat wisata macem Bukchon Hanok Village atau Insa-dong juga banyak toko baju lucu dan murah. Kisarannya bahkan ada yang dari 6000 won sampe 50 ribu won.

Tapi lo mesti banget ke Hongdae sih karena Hongdae itu kan kawasan lingkungan kampus Hongik University, jadinya banyak anak-anak kuliahan. Di sana tuh banyak penjual baju-baju lucu dan murah. Baju yang lagi hits yang kita lihat di drama Korea juga bisa banget lo temuin di sana karna pilihannya banyak banget.

Eits tapi kalo lo ke Hongdae, lo mesti banget sih nyobain crispy chicken (itu loh ayam yang dipotong-potong kecil) yang dikasih saus pedes trus di atasnya dipakein saus keju. Ajib banget, demi!!! Kalo malem minggu bisa ngantri parah itu tukang ayam, tapi kalo hari biasa sih agak sepi. Yang jual juga ganteng-ganteng cuy, ahelah!

Insa-dong yang sejuk (baca: dingin) parah!

Nah, kalo pengen cari oleh-oleh suvenir gantungan kunci, tempelan kulkas, T-shirt, atau barang-barang memorable gitu mending ke Insa-dong. Kawasan itu disebut pasar seni, semacam Ancol kali ya kalo di sini. Di sana jual suvenir khas Korea yang murah-murah banget. Gue beli gantungan kunci isi 12 harganya cuma 8 ribu! Ada juga yang harga 5 ribu isi 10. Macem-macem deh pokoknya dan penjualnya juga ramah. Nggak jarang mereka juga bisa bahasa melayu.

Lo juga bisa ke Namdaemun Market yang letaknya nggak jauh dari Myeong-dong. Pasar tradisional ini sih lebih macem-macem, lo bisa nemuin kosmetik, suvenir, snack, sampe pernak-pernik kpop dijual murah banget. Gue beli kacang almond aneka rasa yang kalo di sevel dijual 1200 won per bungkusnya, di sini lo bisa beli 10 ribu won dapet 13 bungkus!

Namdaemun Market, di mana kalo lo cowok akan dipanggil 'Bang' sama penjualnya

Banyak juga penjual di sana yang bisa bahasa Melayu walopun terbata-bata. Tapi kadang mereka suka galak sih, kalo berdiri depan tokonya buat ngadem aja suka diusir jangan berdiri di depan tokonya. Huft!

Kehidupan Warga Korea

Walopun cuma seminggu di sana, seenggaknya gue juga mengamati gimana kehidupan masyarakat Korea, khususnya Seoul. Sama kayak Jakarta, warga Seoul kebanyakan juga pendatang dari berbagai daerah di Korea. Kebanyakan dari warga Seoul yang sehari-hari beraktivitas di kota itu masih muda. Yang tua-tua lebih banyak di pinggiran Seoul.

Warga Seoul itu lebih suka pake transportasi umum, sejauh yang gue lihat ya. Nggak jarang deh lo ngeliat eonnie-eonnie cantik tinggi semampai pake high heels dan tas bermerek ala eksekutif gitu naik subway atau bus. Oppa-oppa tamvan setelan berdasi juga nggak segan kemana-mana naik transportasi umum. Karna semuanya dimudahkan, jarak perumahan dengan stasiun itu dekat jadinya mau kemana aja juga gampang.

Mereka itu nggak kayak kita yang dengan gampangnya ngobrol di dalem angkutan umum meskipun nggak kenal. Mau lo pasang tampang ramah-siap ditegor pun nggak bakalan disapa deh. Jangankan sama turis, sama sesama orang Korea juga nggak bakalan sok ikrib. Orang Korea itu nggak semuanya ramah sama turis, beberapa dari mereka masih banyak yang sebel sama turis, terutama turis dari negara Muslim.

Pernah pas gue lagi di subway, ada dua ahjussi lagi ngobrol depan gue. Ya gue sih nggak ngerti apa yang mereka omongin, tapi tour guide gue paham. Dia bilang itu ahjussi nggak suka karena turis Muslim udah kebanyakan di Seoul dan bikin mereka nggak nyaman. Entahlah apa yang bikin mereka nggak nyaman, gue berisik pun enggak pada saat itu.

Mereka sabar banget nungguin lampu merah selama apapun, ibarat kata nunggu jodoh itu belom seberapa

Mereka juga melek gadget banget. Kakek-kakek dan nenek-nenek di sana aja pegangnya smartphone canggih. Di sini mah boro-boro ye, ngangkat gagang telpon aja suka kebalik. Mereka juga nggak kalah sama kaum muda, everytime they use their smartphone! Sepanjang perjalanan naik subway, matanya cuma ngeliatin hape aja.

Semua kaum muda Seoul yang naik subway juga begitu kelakukannya. Begitu masuk kereta, pasang headset, langsung mainin hape. Ya entah nonton konser kpop, nonton reality show, nonton drama, nonton pertandingan olahraga, main game, atau selfie. Mereka bakalan fokus dan nggak ngeliatin sekitar sampe pemberhentian terakhirnya. Makanye nih ye susah banget mau curi-curi pandang flirting genit ke oppa karna mereka udah keburu fokus sama gadgetnya!

Paling seru sih malem minggu di sana. Seoul bakalan rame banget kalo malem minggu, yah kayak anak gaul Jakarta aja gitu pada nongkrong dan ngapelin pacar kalo malem minggu.

Yang masih muda-muda biasanya bakalan ke tempat-tempat yang banyak kafe macem Garosugil. Myeong-dong pas malem minggu juga bakalan lebih rame dibandingkan hari biasanya. Tapi lo mesti ke Hongdae banget sih kalo malem minggu. Kenapa? Karna di malem minggu, Hongdae mendadak jadi tempat konser jalanan.

Banyak musisi jalanan maupun anak kuliahan yang unjuk kebolehan di sana. Mereka main alat musik, nyanyi, ngeband, cover dance, dllnya di sepanjang kawasan Hongdae. Makanya itu banyak anak muda dari mana-mana yang main ke Hongdae pas malem minggu.

Nah, buat lo yang suka nonton drama romantis, lo bakalan senyum-senyum sendiri karna apa yang lo lihat di drama itu sungguh benar adanya, bahwa sanya oppa-oppa Korea itu sungguhlah amat romantis!

Gue sering mergokin cowok yang rela ngasih coat yang lagi dia pake ke ceweknya karna cuacanya yang dingin. Udah ngasih ke ceweknya, trus pas jalan sambil peluk rangkulan. Gimana nggak mupeng guah!

Udah gitu lo juga jangan kaget ya kalo di tempat umum, jalanan rame, atau pas naik subway ada pasangan yang pelukan trus kecup-kecup manjah! Jangan heran pokoknya karna itu udah jadi pemandangan yang sangat biasa bagi penduduk Korea.

Orang Korea juga bisa dibilang disiplin dan teratur. Mereka juga mencintai kebersihan karena di sana emang bersih banget! Yampun, di sana tuh ya nyari tempat sampah aja susah banget sampe sampah numpuk di dalem tas gue! Tapi herannya, di sana justru nggak ada sampah berserakan di tengah jalan. Itu membuktikan kalo kebersihan bisa terealisasi bukan cuma dari fasilitas pemerintah aja, tapi juga kesadaran masing-masing.

Mau ada galian kabel, perbaikan jalan, renovasi gedung, tapi jalanan tetep bersih, gaes! Kapan Jakarta bisa begini, yha?

Gue berharap banget warga Jakarta juga bisa kayak warga Seoul. Kita tuh dikasih banyak fasilitas, lho. Banyak tempat sampah dimana-mana, banyak juga petugas kebersihan, tapi kenapa ya masih banyak aja sampah dimana-mana, masih aja kebanjiran. Sungguh sangat kontradiktif!

Nah, segitu dulu cerita dari gue si bocah Ciledug yang pelesiran ke Korea. Kapan-kapan gue cerita lagi soal pengalaman pertama gue ke sana. Kalo lo punya pengalaman yang sama, ceritain dong di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.