Laman

Sabtu, 03 Februari 2018

7 Drama Korea Tergreget 2017 Versi Suka-suka

Setelah menunda sekian lama akhirnya gue bikin juga tulisan ini! *sujud syukur* Alasan gue menunda nulis ini, padahal udah pengen nulis dari kapan tau, adalah karena gue baru aja kelarin nonton Black.

Sorry gaes, lagi sibuk comeback nih aku!
Duh itu drama terlama yang gue tonton, beneran deh. Selain karena episodenya yang sampe 18, juga karena tiap episode hampir selalu satu setengah jam, ditambah lagi alur jalan cerita yang bikin njelimet! Okay gue nggak akan bahas Black panjang lebar di sini, melainkan di bawah! YASS! Gue menjadikan Black sebagai salah satu drama tergreget di tahun 2017. Baca selengkapnya di bawah ya kenapa alasannya.


Jadi drama yang gue pilih sebagai drama tergreget tahun 2017 ini merupakan versi gue sendiri. Versi gue ya karena gue yang nulis. HAHAHA! Drama yang gue pilih ini berdasarkan selera gue pribadi. Kenapa gue bilang greget, ya karena sepanjang gue nonton, hati gue ikut deg-degan karena kebawa alur cerita dan sepanjang nonton drama itu, gue selalu terbayang-bayang, penasaran, bahkan sampe dramanya itu udah tamat pun masih suka kepikiran.

Sebenernya gue lumayan banyak nonton drama Korea di tahun 2017 kemaren. Kalo dihitung-hitung kayaknya sih hampir 20 judul drama yang gue tonton. Tapi gue pilih tujuh drama aja nih. Kalo misalnya ada drama yang menurut lo bagus banget tapi di sini nggak ada, kemungkinannya ada dua; karna bukan selera gue atau karna gue nggak nonton.

Drama di 2017 tuh sebenernya banyak banget yang bikin greget. Misalnya kayak yang orang-orang banyak omongin tuh Strong Woman Do Bong Soon. Pada bilang drama itu jadi drama tergreget 2017. Kalo dibilang hype sih iya, tapi bukan drama tergreget sih menurut gue.

Emang gemes sih, tapi gimana yha?
Buat gue pribadi, drama itu punya alur cerita yang nggak seimbang. Scene komedi, romance, sama thriller tuh menurut gue agak nggak cocok dimasukin jadi satu cerita drama. Yakali abis romantis-romantisan atau ketawa-tawa tiba-tiba langsung ada adegan suram pembunuhan berantai. Aduh males lah!

Atau drama While You Were Sleeping, yang di Indonesia tuh gue nggak ngerti lagi deh heboh banget, padahal jalan ceritanya biasa aja. Drama tentang jaksa, pengacara, dan hukum tuh udah banyak banget dibuat Korea. Apalagi beberapa cerita-cerita yang ada di dalamnya juga ada di drama Suspicious Partner. Yang bikin beda cuma bisa melihat masa depan lewat mimpi aja, which is menurut gue malah aneh.

Dan satu lagi yang juga orang-orang heboh banget, Because This Is My First Life. Banyak banget yang bilang ini drama terbaik 2017 tapi menurut gue: BIASA AJA YHA!

Stiff couple
Orang bilang drama ini tuh relate banget sama kehidupan kita. Tentang pernikahan yang realistis bla bla bla. Entahlah, gue pribadi justru nggak merasakan kalo drama ini realistis. Ya beberapa sih emang realistis, tapi gue nggak dapet feel-nya aja sama karakter utama cewek maupun cowok di sini. Pokoknya gue merasa nggak relate deh sama Because This Is My First Life, jadi kelar nonton gue biasa aja nggak baper sama sekali kayak orang-orang.

Yaudahlah mukadimah tulisan gue kayaknya kepanjangan. Jadi ini dia nih tujuh drama Korea paling greget di tahun 2017 versi gue!

Tomorrow with You

Nah drama ini sempet gue tulis reviewnya. Alasan gue pilih ini drama sebagai drama tergreget adalah karena jalan ceritanya dan Lee Je Hoon dong! So pasti! LOL!

Neomu neomu saranghae, oppa!
Drama romance fiction ini menurut gue adalah salah satu drama terbaik yang pernah dibikin. Ceritanya tentang time traveler alias penjelajah waktu yang bisa melihat bagaimana caranya dia sendiri mati. Singkat cerita, kalo dia nggak mau mati, dia mesti nikahin seorang cewek. Awalnya mereka nikah tanpa cinta tapi lama-lama tumbuh benih-benih asmara yang bikin penonton ikutan geli-geli hati.

Ceritanya pun fokus dengan pertumbuhan karakter-karakter yang ada di dalam cerita. Penonton diajak untuk merangkai cerita satu demi satu dari petunjuk-petunjuk yang dihadirkan dari episode awal sampai akhir. Dan at the end, kita akan menarik satu garis kesimpulan lurus dan bilang 'OH JADI GITU YA?'.

Bikin kepengen..... kepengen makan maksudnya :(
Selain itu, ni drama bikin baper banget! Karakter cowok utamanya mirip karakter Yoo Sijin di Descendants of the Sun yang hobi ngegombal dan bikin cewek rindu berat walopun sejam nggak ketemu! Buat lo yang hobi nonton drama romance berbumbu fiksi boleh banget ni diikutin sampe abis!

Chicago Typewriter

Sebenernya gue bingung sih kenapa drama ini kurang populer baik di Koreanya sendiri maupun di negara lain, termasuk Indonesia. Drama ini punya cerita yang bagus banget, broh! Ceritanya tuh tentang perjuangan pemuda Korea di masa penjajahan Jepang, tapi dikasih bumbu kisah fiksi dan kisah cinta. WAINI!! INI YANG AKU SUKA! AAAKKKKK!

Ini drama keren loh, sumpah!
Jadi ceritanya tuh ada penulis novel best seller yang mulai kehilangan ide cerita untuk nulis lagi. Mengingat pihak penerbit yang udah minta draft naskah novel baru, si penulis yang diperankan sama Yoo Ah In ini nggak tau mesti ngapain. Eh secara tiba-tiba naskahnya sampai ke kantor penerbit. Karna bingung merasa nggak pernah nulis, dia baru sadar kalo dia sempat mimpi ke era masa kolonial Jepang dan mimpinya dia itu yang jadi naskah cerita novel barunya.

Sempat bingung, si penulis akhirnya sadar kalo dia dibantuin sama seorang hantu penunggu mesin ketik kuno yang dulunya ternyata teman seperjuangan dia di masa penjajahan Jepang. Ada juga cewek penggemar berat si penulis yang ternyata di masa lalunya juga punya kisah cinta yang nggak kesampaian. Jadi penulis dan penggemar ini merupakan reinkarnasi dari sosok pahlawan di masa lampau yang ketemu lagi berkat hantu mesin ketik.

Ganteng banget, bwang!
Kalo diceritain di sini mungkin lo akan bingung, tapi percaya sama gue deh, setelah lo nonton dua episode, lo akan ngerti kalo drama ini tuh bagus banget! Nggak cuma ngajarin semangat nasionalisme, drama ini juga ngingetin kita untuk nggak berhenti berjuang dan pantang menyerah.

Chief Kim

Well, sebenernya drama yang ngupas tentang korupsi di sebuah perusahaan besar itu udah banyak banget. Gue ulangin ya, banyak banget! Cerita drama Chief Kim juga kayak gitu sih intinya. Cuma yang menurut gue drama ini greget banget tuh karena karakter Chief Kim itu sendiri.

That bromance scene, tho!
Yang peranin Chief Kim adalah Namgoong Min. Di sini akting dia keren parah sih, gilak! Karakter dia di sini jadi akuntan yang jago banget nilep duit buat dirinya sendiri a.k.a korupsi. Dia udah jadi buronan di tempat tinggalnya dan akhirnya dia berhasil masuk perusahaan besar di Seoul. Tujuan dia juga sama; pengen korupsi lebih banyak lagi.

Tapi niat busuknya itu justru malah nggak kesampean, melainkan dia malah menyelamatkan perusahaan itu dari tindak korupsi petinggi perusahaan. Karakter Chief Kim yang konyol dan cara-caranya dia menyikapi masalah dengan kocak itu sih yang bikin orang betah lama-lama nonton ini.

Akting mereka gokil banget sih, layak emang dapet Best Couple di KBS Awards 2017 kemarin :)
Gue pikir yah sebuah drama itu nggak bakalan seru kalo nggak ada bumbu kisah cinta, eh taunya Chief Kim ngebuktiin kalo drama panjang tanpa kisah cinta tuh bisa seru banget, lho! Apalagi di sini ada Junho 2PM yang sukses banget memerankan sosok mantan jaksa bertemperamen tinggi nan licik.

Kita juga bisa belajar tentang ilmu-ilmu akuntansi lho di drama ini! Nggak cuma itu deh, kita juga banyak ngambil pesan penting, misalnya tentang kerja dengan tulus, kejujuran, dan juga tentang loyalitas.

Circle

Satu lagi drama fiksi yang gue suka nih! Ceritanya sih tentang alien, mungkin sekilas kalo kita denger drama tentang alien kita langsung inget drama My Love From The Star. Eits tunggu dulu!

Cheon Song Yi best scene!
Drama ini tuh sungguh amat sangat jauh berbeda! Kalo drama My Love From The Star itu inti ceritanya tentang kisah cinta alien dan manusia, drama Circle justru menggambarkan bagaimana pengaruh alien di muka bumi yang ternyata membawa perubahan besar untuk peradaban umat manusia.

Gila gue merasa keren banget nulis kalimat di atas! Berasa nulis judul proposal skripsi, dah! LOL!

Jadi di Circle ini diceritain ada alien cewek nyasar di bumi. Alien cantik ini ternyata membawa teknologi yang bisa mengontrol pikiran manusia yang kemudian bisa diterjemahkan melalui program komputer. Dalam satu episode berdurasi 60 menit, di 30 menit pertama berkisah tentang kehidupan di bumi tahun 2017 dan 30 menit berikutnya menceritakan tentang kondisi bumi di tahun 2037.

Alien cakep kek begini coy!
Yang bikin gue autis sendiri nonton ini tuh karena ceritanya bener-bener fokus tentang program alien ini. Gue agak susah ceritain di sini karena emang ceritanya itu rumit dan complicated banget! Meskipun begitu, kalo kita udah mulai nonton pasti seru abis, bikin gregetan banget pokoknya!

Circle ini jadi drama fiksi Korea yang menurut gue keren banget, sih. Dari segi alur cerita, karakter, sampe cerita detail tentang teknologi masa depan bikin kita nyeletuk 'Gile ya ni orang kok kepikiran aja bikin cerita begini!'.

Criminal Minds

Yah gue tau sih drama ini sebenernya remake dari drama aslinya yang dari Amerika. Ceritanya pun sama dan proses produksinya juga diawasi langsung dari tim produksi Criminal Minds Amerika. Tapi dari sekian banyak drama kriminal yang ada, Criminal Minds versi Korea ini yang paling menggugah hati gue.

Criminal Minds jadi Signal versi 2017-nya menurut gue. Bedanya, kalo Signal pake ada bumbu fiksi, Criminal Minds itu pure realita kehidupan saat ini. Gue suka drama ini juga bukan karna bias gue jadi lead actor ya, bukan! Tapi karena murni ceritanya yang sungguh bikin gue kepikiran, deg-degan, dan bawaan pengen pulang mulu pengen nonton biar cepet kelar ni drama.

Oppa w dabest lah!
Bias gue, Lee Joon Gi oppa, di sini keren parah. Gue jadi suka banget doi semenjak drama Scarlet Heart. Di sini doi jadi agen khusus yang memecahkan kasus-kasus kejahatan berat. Gue suka nonton drama ini karena setiap kasus kejahatan yang diceritakan di sini mengambil sudut pandang dari banyak orang.

Sudut pandang nggak cuma dari korban, tapi juga alasan kenapa pelaku melakukan kejahatan, sampe para agen khusus ini juga punya sudut pandangnya sendiri.

Marah aja ganteng, bang!
Satu kesimpulan yang selalu gue tarik dari setiap kasus kejahatan di sini adalah karena masa lalu seseorang yang tidak menyenangkan ternyata bisa berdampak buruk buat dirinya di masa depan. Bikin kita yang nonton jadi lebih hati-hati banget dalam bertutur kata dan bersikap ke orang lain karena kalo orang lain sakit hati, dia bisa melakukan apa aja, termasuk pembunuhan.

Kasus-kasusnya juga unik, nggak cuma pembunuhan berantai, tapi juga kasus pelecehan seksual, kasus penyanderaan, kasus kekerasan anak, sampe kasus salah vonis orang. Bener-bener menguji rasa kemanusiaan kita banget deh pokoknya!

BONUS! Mwehehehe :)


Go Back Couple

INI! Drama ini! Sungguhlah drama ini sungguh menyayat hatiku! Kayak yang udah gue sempet tulis di review sebelumnya, drama bergenre komedi romantis fiksi ini ngasih pesan moral yang amat sangat berguna untuk kita semua.

Jangan mupeng, yha!
Nggak cuma persoalan bagaimana bersikap terhadap pasangan, tapi juga bagaimana kita memperlakukan orang tua. Go Back Couple bener-bener mengajarkan kita untuk menghargai setiap waktu kita yang masih ada ini dengan sebaik mungkin.

Cerita tentang pasangan suami istri yang cerai, kemudian balik ke masa lalu ini menguras emosi banget. Bentar-bentar ketawa, trus beberapa saat kemudian kita nangis, eh nggak lama gemes-gemes gitu. Yang mau baca lebih jelas, bisa baca di sini ya!

Brondong emang suka bikin noona gemes!
Intinya drama ini menurut gue jadi drama terbaik yang pernah gue tonton semasa gue jadi pecinta drama Korea dari jaman SMP.

Black

Mungkin orang suka ketuker sih drama ini dan Black Knight soalnya tayangnya hampir bersamaan. Ceritanya juga agak mirip-mirip yaitu tentang Malaikat Maut yang jatuh cinta sama manusia.

Kebetulan gue juga baru kelar nonton ini drama. Butuh perjuangan banget buat nyelesainnya dan menurut gue sih worth it ya. Ceritanya bagus banget, beda dari drama Korea kebanyakan.

Dari ceritanya aja udah serem ngeri-ngeri sedap ya tentang Malaikat Maut. Kalo di Black ini pemerannya Song Seung Hoon dan Go Ara. Ceritanya nih ada Malaikat Maut kodenya 444 yang kehilangan partnernya pas mau bertugas mencabut nyawa karena dia kabur pengen jadi manusia lagi.

Wajar sih jadi Malaikat Maut, mukenye awet muda cem gini
444 terpaksa masuk ke tubuh manusia untuk cari Malaikat Maut yang kabur itu. Sepanjang proses pencariannya, 444 ketemu cewek yang bisa melihat bayangan kematian. Singkat kata, si Malaikat Maut 444 jatuh cinta sama tu cewek (FYI, si cewek ini namanya Kang Ha Ram, LOL).

Karena lupa sama tugasnya, 444 yang jatuh cinta sama manusia ini yang tadinya nggak mau terlibat dengan urusan manusia, malah jadi ikut campur dengan kasus kejahatan manusia dan berusaha memecahkannya.

Nonton Black ini berasa lagi menyusun puzzle yang berantakan. Dari episode 1 kita udah disuguhi adegan-adegan singkat sekilas yang nggak terlalu detail diceritakan. Tapi di episode-episode berikutnya, kita akan mengerti potongan-potongan adegan sekilas di episode sebelumnya yang kita pikir nggak begitu penting ternyata merupakan bagian dari cerita yang harus kita susun.

Nggak cuma dibikin puyeng karena nonton sambil mikir nyatuin jalan cerita, tapi kita dibikin gedek dan penasaran pengen tau banget siapa dalang kejahatannya di kisah ini. Gue merasa sangat dipermainkan writer-nim karena gue pikir penjahatnya dari awal itu si A, eh kemudian kita dikagetkan dengan sosok B yang ternyata penjahatnya. Padahal si B ini hampir nggak pernah muncul dan nggak banyak dapet dialog.

Merasa udah yakin si B penjahatnya, ternyata kita dibikin kaget lagi kalo ternyata si B masih punya atasan yang jauh lebih jahat yaitu si C. Nah, puyeng puyeng kan lo?!

Trus kita juga bakalan dibikin puyeng dengan cerita Malaikat Maut yang masuk ke tubuh manusia A, yang satu ke manusia B, trus tanpa diduga ternyata ada malaikat maut di manusia C. Hadeuh stress berat nonton ini tapi gregetan kepengan tau gimana akhirnya.

Pesanku: kuatkan hatimu melihat endingnya, wahai kisanak!
Dari awal sebenernya gue udah mempersiapkan diri, walo gimana pun ceritanya, kalo udah menyangkut manusia dan malaikat maut, berhubungan dengan kematian, siap-siap akhirnya sad ending. Bener dong ternyata sad ending!

Eh tapi nggak tau sih ya menurut lo itu happy atau sad, cuma menurut gue cerita yang akhirnya mati ya sad ending walopun setelah bereinkarnasi mereka berjodoh.


Nah, itu tujuh drama Korea paling greget menurut gue. Gimana, apa drama di atas juga masuk dalam daftar list drama tergreget 2017 versi lo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.