Laman

Kamis, 08 Maret 2018

Hwayugi, Kisah Kera Sakti yang Hobi Galau Karna Jatuh Cinta

Yeah, I'm back for drama review! Kali ini gue mau mereview drama yang bikin orang (eh, maksudnya gue) misuh-misuh sendiri di timeline. Sejujurnya gue bingung mendeskripsikan gimana perasaan gue tentang ni drama karena ABSURD BANGET MEN, SUMPAH!


Di satu sisi entah mengapa gue baper banget nonton ini, tapi di sisi lain gue pengen banget sumpah serapah karena apa yang ada di film ini tuh bikin gue ngomong 'Yakali, ada gitu? Bisa gitu? Masa iya?'.



Di balik itu semua, sebenernya alasan utama gue nonton drama ini adalah karena Cha Seung Won. YHA! Ahjussi tampan kesukaan gue satu itu selalu gue nantikan dramanya. Tapi begitu gue nontonin terus ni drama, gue malah naksir Lee Seunggi. Ya mohon maap bep, namanya juga pereu suka nggak kuat liat yang cakep dikit.

Ni drama bergenre comedy, romance, fiction, dan mystery. Kenapa gue bisa mengkategorikan ni drama ke dalam segitu banyak, karena ni drama emang bikin ngakak, bikin baper, bikin bingung, sekaligus bikin takut.

Ditulisnya sama Hong Sisters yang sebelumnya pernah nulis buat drama The Greatest Love, My Girlfriend is Gumiho, Master's Sun, dan gue masih banyak lagi yang gue nggak tau apaan lagi.

Yang jelas gue udah punya gambaran dikit lah gimana tipe gaya cerita yang mereka bikin. Nggak heran sih kalo alur ceritanya tuh begitu. Begitu gimana maksudnya atuh? Ya begitu. Nonton aja dah!

Okay gue kayaknya kebanyakan kata-kata pembuka. UUD 1945 aja kayaknya nggak sebanyak ini ya?


Alur Cerita

Seperti yang udah gue sebutin di atas kalo drama ini bergenre comdey, romance, fiction, dan mystery. Mungkin yang perlu dibikin bold, italic, underline, dan hyperlink kayaknya romance dan fiction, ya.

Di sini gue mau ngingetin nih, yang namanya drama fiction (fiksi) itu berarti ceritanya nggak beneran ada di dunia nyata alias cuma karangan penulis semata. Jadi, nggak usah heran apalagi kesel kalo lo menemukan sesuatu yang nggak masuk akal atau nggak sesuai dengan norma agama, norma sosial, norma adat, atau norma-norma yang jualan bubur Manado di Kalibata City (itu Norman kamaru atuh) (oke, garing).

Jadi kita semua para jamaah k-dramaiyah hanya bisa pasrah mengikuti garis takdir yang diciptakan penulis. Cukup bilang: suka-suka maneh wae lah!

Kalo boleh dibandingin sama Goblin, drama ini agak mirip-mirip dikit. Sama-sama bercerita tentang takdir dan kematian yang udah jadi fitrah bagi setiap manusia, tapi takdir itu nggak berlaku untuk makhluk abadi. Kalo di Goblin ada Kim Shin, kalo di Hwayugi ada Son Oh Gong.

Nah, Hwayugi ini mengangkat cerita dari kisah klasik Cina yang judulnya Journey to the West atau kalo di Indonesia lebih dikenal dengan Kera Sakti. Hayooo, siapa yang dulu jaman SD suka nonton dan ikutan ngerap nyanyiin soundtracknya?

Pasti inget dong tokoh-tokoh di drama Kera Sakti? Sun Go Kong si siluman kera, Chu Pat Kay si siluman babi, Wu Jing si siluman air, trus ada lagi siluman kerbau (lupa euy namanya) dan juga Biksu Tong Sam Chong.

Hwayugi ini menampilkan tokoh-tokoh tersebut ke dalam versi modern dan tentunya dengan kisah berbeda. Kera Sakti ceritanya tentang perjalanan Biksu Tong dan muridnya mengambil kitab suci ke Barat demi menyelamatkan umat manusia.

Di Hwayugi yang jadi Kera Sakti atau Dewa Kera namanya Son Oh Gong dan yang memerankan karakter ini adalah Lee Seunggi. Trus ada siluman kerbau bernama Ma Wang, yang memerankan Cha Seung Won. Kalo Lee Hongki FT Island jadi siluman babi yang namanya Jeo Pal Gye alias PK. Sedangkan siluman air yang memerankan Jang Gwang.


Nah kalo Oh Yeon Seo yang berperan sebagai Jin Seon Mi atau Sam Jang ini ibaratnya siapa kalo di cerita Kera Sakti, sebenernya gue agak bingung. Awalnya gue pikir dia ini Dewi Kwan Im karena ceritanya di drama ini darahnya Jin Seon Mi wangi bunga lotus. Di kisah Kera Sakti Dewi Kwan Im kemana-mana naik bunga lotus kan?

Ternyata setelah gue inget-inget, Sam Jang ini kayaknya Biksu Tong soalnya kalo di Kera Sakti, Biksu Tong juga jadi incaran siluman-siluman yang pengen makan dagingnya.

Kalo dikaitkan sama sosok Son Go Kong, dia kan nurut banget sama Biksu Tong. Kalo Son Go Kong bandel dan dibacain mantra, dia sakit kepala karna pake ikat kepala emas. Kalo versi Hwayugi, Son Oh Gong pakai gelang yang disebut Geumganggo. Gelang itu bikin dia tunduk dan jatuh cinta sama Sam Jang (Jin Seon Mi).

Inti cerita Hwayugi sebenernya pengen menyelamatkan umat manusia dari kehancuran, tapi yang bertugas untuk melakukannya itu si Sam Jang. Sam Jang ini sejak kecil punya kemampuan spesial, yaitu bisa melihat makhluk gaib. Karena istimewa, Sam Jang selalu menarik perhatian hantu dan iblis karena darahnya bau bunga lotus.

Son Oh Gong yang dikurung di Gunung Lima Elemen karena mengobrak-abrik Kahyangan dibebaskan oleh Sam Jang berkat bantuan Ma Wang. Son Oh Gong ini pengen banget balik lagi ke Kahyangan, tapi dia nggak bisa gitu aja balik ke Kahyangan karena dia harus berbuat baik dulu. Pas tau kalo makan daging dan darah Sam Jang dia bisa jadi makhluk kuat tak terkalahkan, akhirnya Son Oh Gong nggak mau ke Kahyangan lagi.


Beda lagi sama Ma Wang, walopun dia siluman, tapi dia pengen banget jadi dewa karena dia pengen menyelamatkan Putri Kipas Besi (istrinya) yang diusir dari Kahyangan. Putri Kipas Besi atau Na Chal Nyeo ini dihukum dengan cara melewati 108 reinkarnasi di bumi selama 10 ribu tahun karena udah melakukan dosa besar.

Setiap kali bereinkarnasi, Na Chal Nyeo selalu jadi orang yang menderita dan hidupnya selalu berakhir mengenaskan. Ma Wang pengen mengakhiri penderitaannya dengan berusaha jadi dewa supaya bisa mencampuri takdir manusia, karena pada dasarnya siluman nggak punya kemampuan itu.

Supaya bisa jadi dewa, Ma Wang pun harus mengumpulkan poin. Dia memutuskan untuk memanfaatkan Sam Jang supaya bisa menangkap iblis jahat di bumi. Supaya tugas Sam Jang lebih gampang, Ma Wang juga memanfaatkan Son Oh Gong.

Karena Sam Jang takut dimakan Son Oh Gong, Ma Wang nyuruh Sam Jang buat memakaikan gelang Geumganggo ke Son Oh Gong supaya dia jatuh cinta dan tunduk sama Sam Jang, sehingga Son Oh Gong nggak bisa menyakiti Sam Jang.




Dari awal Son Oh Gong udah tau kalo perasaan cinta yang dia rasain ke Sam Jang itu karena Geumganggo yang dia pakai. Tapi lama-lama, perasaan itu berubah jadi perasaan tulus dan dia beneran jatuh cinta sama Sam Jang.


Sad Ending Rasa Happy Ending

Sebelum nonton dua episode terakhir, gue agak ragu sama endingnya. Dari awal nonton sebenernya gue udah siap dengan kemungkinan bakalan sad ending mengingat kisah cinta yang nggak biasa antara dewa dan manusia.

Dari awal gue juga udah tebak-tebakan sendiri endingnya kayak gimana. Yang paling masuk akal menurut kesotoyan gue ni cerita kayaknya agak mirip Goblin, yaitu pasangan kekasih beda status ini bakalan dibikin pisah karena kematian kemudian akhirnya ketemu lagi karena salah satunya reinkarnasi.


Akhir kisah Hwayugi bisa dibilang sad ending dengan meninggalnya Jin Seon Mi setelah ditusuk pedang sama Kang Dae Seong, manusia berhati iblis yang ingin memanggil Naga Hitam supaya bisa berkuasa di dunia.

Sebelum nonton episode terakhir, gue sempet baca forum anak K-drama soal ending Hwayugi ini. Banyak yang bilang mereka nggak merasa sedih. Ada yang bilang lebih sedih momen Ma Wang ketemu anak kandungnya. Ada lagi yang bilang lebih sedih ending si Jung Sera alias Bu Ja pas dibakar PK.

Tapi gue rasa, nggak ada yang lebih sedih dari kata-kata perpisahan Jin Seon Mi ke Son Oh Gong. Pas Jin Seon Mi tertusuk pedang, Son Oh Gong langsung bawa dia ke Sureumdong, rumah Son Oh Gong. Begini kata-kata terakhir Jin Seon Mi:

"Sejujurnya, aku berharap cintamu tidak akan menghilang, tapi aku merasa baik-baik saja sekarang. Berkat Geumganggo, aku merasa lega. Ketika kau ditinggalkan sendirian, aku sangat bersyukur tidak akan ada lagi cinta yang tersisa"

'Kita ketemu lagi, ribuan tahun mendatang'

MEN! WOY! KAYAK GINI LO BILANG KAGAK SEDIH? YAKIN LO?

Gue ngebayangin seandainya gue yang jadi Son Oh Gong, ketika lo tau perasaan lo yang sesungguhnya buat dia itu tulus, asli, dari hati lo, dengan segenap perasaan lo, tapi orang yang lo cinta nganggep cinta lo palsu cuma karna lo masih pake gelang sakti! WOY!

Gue sih nyesek banget, parah! Si Son Oh Gong ini kan ternyata udah bisa melepas gelangnya sendiri karena ternyata hatinya itu bener-bener tulus buat Jin Seon Mi (awalnya Geumganggo cuma bisa dilepas sama Jin Seon Mi atau pas tugas mereka berdua udah selesai).

Dia nggak mau kasih tau Jin Seon Mi soal Geumganggo bisa dilepas karena dia tau kalo dia yang bakalan mati gantiin Jin Seon Mi di upacara pemanggilan Naga Hitam. Dengan begitu Jin Seon Mi nggak akan merasa kehilangan mendalam karena dia pasti berpikir kalo cintanya Oh Gong palsu dan akan hilang seiring kepergiannya. Begitu rencana awalnya.


Sebelumnya mereka pernah membahas soal ini gara-gara siluman bangau putih yang (dulu punya tugas sama kayak Son Oh Gong) merasa kesepian selama ribuan tahun karena ditinggalkan Sam Jang yang dulu.

Jin Seon Mi pernah bilang kalo manusia normal, saat ditinggalkan orang tercinta pasti rasa sakitnya akan bertahan lama karena rasa cinta yang masih tersisa. Sedangkan cintanya Jin Seon Mi dan Son Oh Gong nggak begitu.

Jin Seon Mi juga bilang kalo lebih baik dia yang meninggal karena dia pasti nggak akan sanggup hidup tanpa Son Oh Gong. Dia cinta mati banget sama Son Oh Gong. Dengan begitu, Son Oh Gong juga nggak akan merasa kehilangan sebab cintanya itu palsu, ada rasa cinta karena ada gelang itu, bukan tulus apa adanya.


Abis Sam Jang meninggal, Son Oh Gong yang berhasil mengalahkan Naga Hitam jadi amnesia. Dia lupa tentang kenangan dan ingatannya tapi dia belum melepas Geumganggo.

Kahyangan mau manggil Son Oh Gong balik ke sana tapi nggak bisa karena gelang itu masih dipakai. Kahyangan akhirnya manggil arwah Jin Seon Mi dari akhirat buat melepasnya. Kahyangan belum tau kalo Son Oh Gong ternyata bisa melepas itu gelang sendiri.

Akhirnya Jin Seon Mi hidup lagi tapi cuma dikasih waktu sehari buat melepas Geumganggo. Sayangnya, Oh Gong nggak inget dia. Sampe-sampe Jin Seon Mi nyerah dan pasrah kapan dipanggil balik ke akhirat. Pas waktunya udah hampir abis, akhirnya Son Oh Gong sadar kalo itu Jin Seon Mi yang dia cinta.


Son Oh Gong pun ngaku kalo dia bisa melepas sendiri Geumganggo dan buktiin ke Jin Seon Mi kalo cintanya beneran, tulus, bukan karna gelang. Di scene ini gue pikir si Oh Gong bakalan nahan si Seon Mi supaya nggak pergi, tapi Oh Gong malah merelakan Seon Mi pergi.

Sebelum pergi, Oh Gong ngasih salah satu mata apinya ke Seon Mi supaya pas suatu saat Seon Mi reinkarnasi, Oh Gong bisa ngenalin dia.

Ending sedih yang kayak gini menurut gue lebih bisa diterima di hati penonton dibanding akhir yang bahagia tapi bikin kita para penonton nggak merasa puas karena bahagia yang dipaksakan.

Contoh happy ending terkampret yang dipaksa adalah W (Two Worlds). Sumpah ya, itu drama bagus banget kalo sad ending loh! Gue akan lebih ikhlas terima kalo si Kang Chul dan Oh Yeon Joo nggak bersama dan balik ke dunia masing-masing. Lah ini?

Hwayugi juga dari awal nggak masuk akal sih. Cuma menurut gue, sebagai penonton tuh kita juga mesti dikasih akhir pahit yang bikin kita lebih realistis sedikit.

Kisah cinta itu nggak harus selalu berakhir bahagia, gaes!
Untungnya penulis tuh bisa bikin penonton nggak menggila karena ending sedih ini. Setelah dikasih akhir menyedihkan dengan adegan berpisah karena kematian, penulis ngasih secercah kebahagiaan dengan baliknya Jin Seon Mi ke dunia untuk mengetahui perasaan Son Oh Gong sesungguhnya.

Jadi menurut gue, drama yang sad ending tuh emang mestinya begini. Ngasih sedikit kebahagiaan buat penonton, meskipun akhirnya tetap aja sedih karena tokoh utama nggak bersama. Jadi, setelah nonton dramanya nggak menyisakan kepahitan mendalam dan bikin galau berminggu-minggu kayak abis nonton ending Scarlet Heart.


ABSURD PARAH!

Buset dah baru gitu doang udah panjang banget kayaknya ni tulisan gue. Tapi gimana dong gue emang udah niat banget mau bikin reviewnya bahkan sebelum dramanya abis. HAHA!

Kayak yang udah gue sebutin di atas tadi, namanya juga drama fiksi, jadi suka-suka penulis lah mau bikin jalan ceritanya gimana.

Ke-absurd-an yang pertama dimulai dari munculnya zombie yang bernama Jung Sera. Dia sebenernya trainee sebuah agensi hiburan gitu, ya semacam calon idol gitulah. Sayangnya nasibnya kurang beruntung, belom ngerasain jadi idol, eh dia malah jadi korban tabrak lari.

Pas mayatnya mau dikubur, tiba-tiba mayatnya kejatohan tetesan darah Sam Jang dan jadi mayat hidup alias zombie. Gue pikir nih si zombie cuma pengen makan Sam Jang, sama kayak siluman, eh ternyatanya dia malah bisa ngomong dan hidup lagi kayak manusia normal gara-gara dikasih makan bola energi.

Bobok dulu beb, dalem kulkas.
Si zombie ini karena nggak tau nama aslinya, dipanggil Bu Ja yang artinya cewek kaya raya. Udah gitu karena dia mayat hidup dan bau busuk, dia mesti tinggal di dalem kulkas supaya nggak bau. Kayak daging qurban aja gitu yang abis dibagiin Pak RT disuruh emak masukin ke dalem kulkas supaya masih seger pas nanti malemnya dibikin sate.

Ke-absurd-an yang ke dua ada di karakter Panglima Es yang harus berbagi tubuh sama adiknya, Peri Musim Semi. Jadi di tubuh Panglima Es ini ada dua jiwa; pas siang bentuknya cowok si Panglima Es. Kalo malem, dia jadi cowok yang berdandan kayak cewek, yaitu Peri Musim Panas. Aneh kan?

Ke-absurd-an ke tiga adalah hantu duyung. Putri duyung itu kan makhlus mitologi ya, sama aja kayak siluman gitu lho, masa dia jadi hantu?! Ceritanya ni duyung dibunuh manusia (?) trus tubuhnya disembunyiin di dalem perpustakaan dan jadi hantu cantik tanpa kaki (?)

Ke-absurd-an ke empoat adalah pas pangeran bawah laut bernama Moon Uh yang masuk ke tubuh artis satu agensi PK yang bernama Alice. Si Alice yang diperankan Yoon Bora (eks member Sistar) ini ternyata naksir PK.


Gara-gara masuk ke tubuhnya Alice yang naksir PK, Moon Uh malah ikut-ikutan naksir PK. Padahal sebelumnya dia kabur dari bawah laut karena nyari pacarnya, si duyung, yang udah mati dibunuh. Trus kumaha kitu cowok jadi suka cowok? Aing jadi bingung kumaha? Doi jadi hombreng dong? Hadeuuuuuuhhhh!

Sebenernya ada banyak banget hal absurd di sini, cuma gue lupa saking banyaknya. Buat yang emang nggak suka film fiksi pasti nggak melanjutkan nonton sampe habis. Tapi buat gue yang emang suka sama cerita nggak masuk akal, fine-fine aja sih.

Cuma mungkin ke-absurd-an yang ada di film ini masih ada aja yang mengganjal di hati gue. Misalnya kayak siluman bersekongkol supaya Kahyangan nggak tau apa-apa, padahal kalo di kepercayaan gue, Tuhan itu Maha Tau. Tapi ya balik lagi lah namanya juga drama fiksi ya kan, cuma khayalan yang bersifat fana.


Kesan Pribadi

Hwayugi ini jadi project comeback Lee Seunggi setelah doi bebas dari wajib militer. Sejujurnya gue nggak begitu excited nonton drama ini pas tau dia yang main karna gue nggak suka aja sama dia. Pernah nonton dia di You're All Surrounded, gue nggak tertarik sama sekali. Menurut gue aktingnya dia juga biasa aja gitu nggak ada yang spesial.

Tapi entah kenapa di Hwayugi ini aktingnya lebih bagus dan dia pas banget buat meranin sosok Son Oh Gong. Abisnya gue pikir kan dia lebih sering dapet karakter protagonis yang banyak diam, kalem, cool gitu. Lah di sini?

Kalo Cha Seung Won sih udah nggak perlu dipertanyakan lagi. Dia mah emang mantap jiwa gagah perkasa menggelora! Dari jaman The Greatest Love gue udah lope-lope sama ahjussi satu ini. Aktingnya tuh juara deh, gilak! Emang paling cocok dapet drama komedi dia sih.


Trus si Oh Yeon Seo juga ternyata oke banget aktingnya. Selama ini gue pikir aktingnya biasa aja karna karakternya kan protagonis banget yang hobi mewek sama melas yah, jadi ya gitu-gitu aja. Tapi ternyata gue salah.

Jadi ada cerita di mana si Jin Seon Mi ini tukeran tubuh sama Ah Sa Nyeo. Si Ah Sa Nyeo ini kan such a bitch ya, jadi agak ganjen, gatel, seperti pelakor yang butuh disembur duit pokoknya. Otomatis Oh Yeon Seo juga harus ganti karakter dan ternyata nggak mengecewakan.

Gue bener-bener bisa melihat dua orang berbeda dalam satu orang. Menurut gue Oh Yeon Seo ini berhasil banget memerankan karakter Jin Seon Mi.

Tapi mungkin agak sayang sih kualitas pemain kurang didukung sama efek yang kurang memadai. Di awal penayangan ni drama juga ada kontroversi karna tim editingnya belum selesai ngedit jadinya tali-tali, layar hijau, dan hal-hal yang seharusnya diedit malah kelihatan jelas.

Mungkin yang ngedit belum ngopi
Belum lagi yang jadi hinaan para netijen adalah animasi Naga Hitam yang payah banget. Kata netijen indo sih masih bagusan naga Indosiar. HAHAHAHA. Emang kampret banget yha netijen indo!

Tapi gue sih memaklumi karena ini Korea, bukan Hollywood yang bisa bikin efek naga kayak aslinya di drama seri Game of Thrones. Bisa jadi tim produksi kurang dana untuk bikin animasi naga yang keren karena ratingnya mengecewakan.

Di Korea sendiri ratingnya rata-rata 5 persen tiap episodenya. Untuk ukuran tv kabel sebetulnya 5 persen itu udah tinggi. Cuma ini kan drama pamungkasnya TVn di akhir tahun, dua tahun sebelumnya ratingnya sampe 20 persen untuk Reply 1988 dan Goblin. Jadi ya jauh banget sih emang.

Soundtracknya juga bagus-bagus, lho. NU'EST bahkan ikutan di lagu Let Me Out. Tapi tetep, kesukaan gue mah yang galau-galaunya. Ben, ratunya ost k-drama ikutan nyanyi di lagu If We're Destined yang menyayat hati pas dengerinnya.


Kalo dari gue sih gue mau kasih nilai 8.5/10 deh. Meskipun alur ceritanya agak berantakan, tapi gue suka inti ceritanya, pertumbuhan watak tiap karakternya, dan juga cara penulis menyelipkan pesan moral ke penontonnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.