Laman

Minggu, 22 April 2018

Begini Cara Gue Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya, Boleh Dicoba!


Sebenernya gue udah lama pengen nulis ini, tapi gue terlalu banyak pertimbangan 'do I need to write this?'. Alasannya karna gue agak males nulis soal beauty tips. Secara kerjaan gue tiap hari nulis tentang beauty, jadi gue ngeri kalo gue bakalan mabok nulis ginian.

Tapi menurut gue kenapa enggak gitu berbagi kebaikan *tsaelah*. Gue pengen lo semua yang punya masalah jerawat kayak gue bisa kembali pede kemana-mana tanpa foundation tebel, tanpa concealer berlapis-lapis, dan pastinya nggak merasa minder karna muka yang banyak jerawat dan bekasnya.

Well, baeklah gue akan membagikan tips: BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKAN DAN MENGHILANGKAN JERAWAT SERTA BEKASNYA. Yeaaaaahhhhh!


Kapan mulai jerawatan?

Sebelumnya gue mau cerita dulu nih tentang kisah jerawat gue yaelah jerawat aja punya kisah, kita apa kabar bang?. Seumur hidup gue sampe hampir menginjak 27 tahun ini, gue mengalami dua masa pahit dalam hidup; soal jerawat.

Buat gue masa-masa jerawatan tuh pahit banget rasanya. Di masa itu, gue merasa sangat minder, nggak percaya diri, dan merasa diri gue jelek banget. Sumpah!

Masa-masa itu gue alamin dua kali; pas gue umur 17 dan pas umur gue di atas 25. Pas umur 17 tahun itu kebetulan gue lagi sibuk menghadapi ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi. Gue bisa dibilang sebagai remaja yang saat itu terlalu ambisius untuk menaklukan perguruan tinggi impian gue.

Saat itu gue mah kagak mikirin dah tuh yang namanya pacar. Set dah boro-boro pacar, gebetan aja nggak kepikiran. Yang ada di otak gue tuh cuma gimana caranya gue bisa masuk UI. Udah gitu aja yang ada di pikiran gue tiap hari.

Gue usaha mati-matian; tiap hari bangun jam 3 pagi, solat tahajud, dan belajar sampe subuh. Abis itu berangkat sekolah. Pulang sekolah gue ikut bimbel. Gitu aja terus dah selama setahun itu. Well, gaes gue nggak punya foto jaman SMA pas muka gue jerawatan. Jangankan foto, ketemu orang aja gue malu. Hiks...

Mungkin karna terlalu stress dan banyak pikiran, ditambah lagi waktu itu gue jadi korban ikut-ikutan temen gue nyobain pake Pond's Day cream yang sempet hits karena bikin kulit putih (padahal kulit gue udah putih), dan ternyata itu krim nggak cocok sama sekali di muka gue, akhirnya muncul lah jerawat babon satu demi satu.

Saat itu gue nggak ngerti gimana cara ngilangin jerawat. Ya karna gue denger dari orang-orang kalo jerawat di usia remaja itu wajar, namanya juga lagi puber. Gue cuma bersihin muka mulu pagi sore malem. Apalagi tangan gue nih gatel banget nggak bisa diem, maunya mencetin jerawat mulu. Sampe akhirnya gue menemukan solusinya dari kakak sepupu gue yang seorang apoteker.

Dia nyaranin gue buat pake serum khusus dari temennya yang seorang dokter di Rumah Sakit Siloam. Bener loh, dalam waktu beberapa bulan jerawat gue sembuh. Abis itu muka gue balik mulus lagi. Mungkin temen-temen kuliah gue juga tau muka gue mulus pas jaman kuliah.

Nah, pas umur gue di atas 25, tepatnya di umur 26 kemaren di tahun 2017, di muka gue mulai muncul jerawat. Gue juga bingung sih kenapa tepatnya jerawat gue bisa muncul lagi dan banyak banget. Kalo gue pikir-pikir semuanya dimulai pas gue pake sunscreen Avene, deh.

Nah ini muka gue pas Oktober 2017 tanpa makeup. Banyak banget kan jerawatnya :(
Jadi gue tuh emang agak bego, bloon, atau sejenisnya deh kayaknya. Gue tuh lupa kalo gue punya sunscreen Avene yang pernah gue pake dulu. Karna gue sayang pakenya (secara harganya mehong say, hampir 500 ribu) akhirnya gue irit pakenya dan malah ganti pake sunscreen L'Oreal yang ternyata cocok di gue.

Pas tahun 2017 itu gue lagi ngecek stok produk gue, eh baru nyadar kalo sunscreen Avene gue dikit lagi kadaluarsa (yhea, saat itu gue belum mendapat pencerahan kalo self life produk setelah dibuka biasanya cuma 12 bulan). Yaudah dong gue pake dan malah jadinya muka gue jerawatan. Zonk kakak!

Nggak sampe di situ, gue yang saat itu mulai rutin pake Facial Treatment Essence SK-II kok malah jadinya makin jerawatan. Sebelumnya gue udah pake SK-II (nggak rutin sih), tapi fine-fine aja tuh. Tapi gatau kenapa pas gue pake rutin kok malah banyak jerawat gue. Akhirnya gue coba berhentiin pake SK-II.

Gue sempet pake Laneige Water Sleeping Mask dan Missha Super Aqua ini tapi nggak cocok gaes, malah jerawatan :(
Trus gue juga sempet coba Laneige Water Sleeping Mask. Awal pake sih oke-oke aja, gue merasa mirip Song Hye Kyo begitu bangun tidur setelah semaleman pake itu. Tapi ternyata keseringan gue pake kok ya kulit gue malah bruntusan gitu lho.

Belum lagi pas gue jalan-jalan ke Korea, jerawat gue makin parah. Karna cuaca di Korea yang dingin banget, sementara rumahqu istanaqu terletak di Ciledug nan indah permai yang panas membara, muka gue malah makin parah. Udik banget dah muka gue ini emang!

Gue sempet mikir mau pake serum dokter itu lagi, tapi sayangnya kakak sepupu gue udah nggak jadi reseller itu dokter. Pupus sudah harapanqu :(

Dari sini awal 'petualangan' gue mencoba banyak produk penghilang jerawat.

Sebuah solusi: Obat Jerawat Ampuh!

Pas ke Korea itu di hari ke dua gue menyadari kalo kulit muka gue nggak cuma kering, tapi jerawat juga makin banyak. Pas jalan-jalan ke Hongdae gue mampir ke Olive & Young dan menemukan COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Tanpa pikir panjang, langsung gue beli karna gue follow Soko Glam (e-commerce skincare Korea) yang merekomendasikan produk ini untuk wajah berjerawat.

Gue yang tadinya Cetaphil Gentle Skin Cleanser garis keras akhirnya beralih ke COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Pas gue pake rasanya kok langsung cocok gitu di muka gue. Gue seperti mendapatkan wahyu dari Allah bahwa inilah produk yang selama ini gue cari.

Tapi ternyata produk ini nggak gitu berpengaruh mengobati jerawat gue. Sampe akhirnya ada temen kantor gue yang nyarain pake OXY-5, obat totol jerawat yang ampuh. Sebelumnya gue sempet pake obat totol dari ACNE, tapi ya nggak ngaruh juga sih di gue. Mungkin muka gue udah setebel arang yang nempel di pantat panci, makanya nggak ampuh.

Dipake di titik jerawat aja, jangan semuka-muka ya beb!
Gue beli produk OXY-5 di Tokopedia, dan setelah gue pake beberapa hari ternyata beneran loh, jerawat bruntusan pada kering dan jerawat yang agak gede cepet kempesnya. Ternyata kandungan Benzoyl Peroxide yang ada di OXY-5 itu lah yang bekerja ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan salicylic acid yang ada di dalem COSRX cuma membantu mencegah aja, nggak bisa mengobati *yaelah bahasa beauty editor kebawa-bawa*

Meskipun jerawat gue udah mendingan, tapi gue masih belum merasa puas aja. Bekas jerawat di muka gue jadi item-item gitu, bikin gue nggak pede karna meskipun udah gue pakein concealer, tetap aja keliatan. Makanya gue terobsesi pengen bikin jerawat sampe bekasnya minggat dari muka gue.

Pada suatu hari, gue mendapatkan hidayah dari vlogger Suhay Salim dan Gita Savitri yang bilang kalo mereka bisa ngilangin jerawat dan bekasnya cuma pake: NATURE REPUBLIC ALOE VERA GEL!


Sejujurnya gue sih udah tau banyak orang yang merekomendasikan ini. Tapi gue pikir 'ah elah palingan produk beginian cuma cocok buat yang kulitnya kering, kulit minyakan macem gue mana bisa, yang ada makin parah'. Gue meng-underestimate duluan sebelum nyobain sendiri.

Pas ke Korea kemaren temen-temen gue pada beli NR Aloe Vera itu, gue juga beli sih tapi buat oleh-oleh temen gue. Gue sendiri nggak minat beli karna gue takut jerawat gue malah makin ancur.

Setelah nontonin video para vlogger tentang NR Aloe Vera itu, akhirnya gue mulai yakin mau coba. Gue langsung beli di Tokopedia, kebetulan waktu itu NR baru launching di sini dan buru-buru gue pesen secara online.

Begitu sampe di rumah, gue langsung pake pas malem sebelum tidur. Besok paginya, kayak sulap, muka gue berasa enak banget. Gue merasa terlahir kembali dan berasa mirip Chanyeol EXO. Bang, jangan-jangan kita jodoh? *HALAH*

Akhirnya gue mulai rutin pake NR Aloe Vera tiap malem sampe sekarang dan alhamdulillah jerawat gue udah jarang muncul dan bekas jerawat gue udah mulai pudar. Bahagia banget gue, ya Allah! Kapan nih ketemu jodoh, aku udah siap ya Allah, mukaku udah chantique dan muluzh lagi!

Rangkaian Produk

Btw gaes, untuk ngilangin jerawat dan bekasnya ini gue sebenernya nggak cuma pake tiga produk itu (OXY-5, COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser, dan Nature Republic Aloe Vera Gel), gue juga pake produk lain untuk memaksimalkan perawatan kulit gue.

Untuk jerawat sendiri emang gue fokus pake tiga produk itu. Tiga produk itu jadi My Holy Grail, karena emang bener-bener memberikan hasil terbaik. Udah nggak perlu diragukan lagi, gue emang cocok pake tiga produk itu.

Meskipun bekas jerawat perlahan pudar karena pake NR Aloe Vera, sebenernya gue juga pake produk lain untuk membantu supaya bekas jerawatnya cepet ilang. Gue pake Neogen Bio Peel varian lemon untuk mengeksfoliasi kulit. Seminggu sekali lah gue pake itu karena itu kan eksfoliasi secara mekanis, jadi nggak baik kalo dipake terlalu sering.

Selain Neogen Bio Peel, gue juga pake St Ives Scrub varian apricot. Sebenernya gue pake ini udah lebih dulu, tapi jarang dipake karna produk ini jenisnya eksfoliator yang bersifat mekanis, jadi nggak boleh dipake sering-sering. Gue pakenya tiga hari sekali, itu pun kalo gue lagi sering makeup tebel.

Buat ngilangin bekas jerawat
Satu lagi nih yang ternyata cukup ampuh buat ngilangin bekas jerawat yaitu Pond's Brightening Micellar Water. Awalnya kan gue pake ini karna ada kerjaan dari kantor yang minta gue buat product experience karena artikel berbayar, yaudah deh gue coba.

Sama kayak NR Aloe Vera, micellar water dari Pond's ini gue remehin. Masa iya Pond's bikin micellar water kayak gini, palingan cuma ikut tren pasar aja. Gitu gue pikir, ternyata gue salah besar! Selain ampuh buat angkat makeup, ternyata Pond's ini juga bikin bekas jerawat gue perlahan memudar!

Double cleansing; micellar water dulu, baru facial wash.
Jadilah gue demen banget pake micellar water ini sampe gue beli pake duit sendiri, padahal stok micellar water gue masih banyak dari berbagai merek.

Gue juga nggak lupa maskeran tiap seminggu sekali. Masker yang cocok di muka gue itu Innisfree Jeju Volcano Clay Mask. Gue pake ini buat ngecilin pori-pori aja sih, trus biar muka gue juga lebih rileks aja. Gatau kenapa masker ini bikin gue nyaman, serasa dekat si dia aja gitu. *dia siapeeeeeee?*

Clay Mask + Sheet Mask = Sahabat Sejati
Abis pake masker Jeju ini, gue langsung bilas muka dan pake sheet mask Innisfree. Sebenernya ada beberapa sheet mask yang cocok di muka gue, misalnya sheet mask SK-II, Garnier, sama Nature Republic. Tergantung adanya apa ya gue pake lah.

Nah, itu lah kira-kira produk yang gue pake buat ngilangin jerawat dan bekasnya yang menganggu, kayak kenangan aja nih suka ganggu emang!

Satu sih pesan gue, intinya tuh kita harus SABAR! Mau pake produk semahal apapun kalo kitanya nggak sabar juga nggak akan sembuh-sembuh. Gue aja menerapkan skincare ini secara rutin selama kurang lebih tiga bulan. Yang penting disiplin dan rutin, jangan sampe lupa.

Trus juga perhatiin deh pola makan. Menurut penelitian yang dilakukan secara klinis, makanan yang kita makan itu ngaruh banget ke muka. Biasanya makanan yang bikin muka jerawatan itu makanan manis kayak cokelat, permen, minuman kaleng, produk olahan susu, dllnya.

Awalnya gue juga bodo amat, makan apa aja sesuka hati gue. Tapi setelah gue pikir-pikir, gue selalu jerawatan tiap abis makan cokelat atau minum produk olahan susu. Gue coba deh tuh nggak makan makanan itu, dan beneran loh muka gue nggak muncul jerawat lagi.

Jadi ini muka asli gue tanpa makeup dan tanpa filter setelah rutin pake skincare di atas, guys. Emang sih nggak ilang semua, tapi perlahan bekas hitamnya mulai pudar.
Itu dia pengalaman gue seputar jerawat. Mungkin cara gue ini nggak berhasil buat orang lain, namanya juga kulit orang beda-beda, ya kan! Semoga bermanfaat ya, gaes!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.