Laman

Selasa, 19 Februari 2019

Ini Alasan Kenapa Lo Wajib Nonton Memories of the Alhambra!


Long time no see! Tulisan terakhir gue di blog ini ternyata udah lama juga, ya? Sebenernya gue pengen nulis banyak hal, cuma waktunya itu yang susah. Bukannya sibuk, bukan. Tapi ngumpulin niat buat nulis tuh yang males banget. Secara kerjaan gue tiap hari nulis, agak keblinger gitu kayaknya kalo gue nulisin blog rajin-rajin.

Well, sebagai pemanasan tahun ini, gue mau nulis hal yang menjadi favorit gue; drama Korea! Kali ini gue akan nulis satu drama yang lagi bikin gue kena 'Hangover Drama', yaitu Memories of the Alhambra. Rasanya tuh udah lama banget gue nggak mabok gegara nonton drama Korea. Eits, maksud mabok tuh di sini artinya gue nggak bisa move on dari drama yang abis gue tonton.

Kenapa Memories of the Alhambra? Sejujurnya gue bingung sih di sini gue suka ceritanya atau suka Hyun Bin-nya. LOL! Ya gimana ya, Hyun Bin ganteng banget bikin gue klepek-klepek tiap kali nonton! Tapi dari segi cerita gue juga suka, absurd gitu dan beda dari drama lainnya. Nah, mungkin buat elo-elo yang belum nonton drama ini, gue bakal menjabarkan alasan kenapa lo mesti nonton. Kuy, dibaca!

VISUAL BERTEBARAN


Di poin ini gue nggak ngebahas soal sinematografi, karna sejujurnya gue nggak paham-paham banget sinematografi yang bagus tuh gimana. Gue ngomongin soal visual para pemainnya yang dahsyat banget. Dari awal udah gue sebutin kalo gua klepek-klepek sama Hyun Bin, ya karena DOI GANTENG BANGET DAH KAGAK PAHAM LAGI GUA!

Ahjussi, saranghae!

Gue tuh tau Hyun Bin dari jaman doi main drama bareng Ha Ji Won di Secret Garden. Cuma mungkin pada saat itu selera gue masih yang unyu-unyu macem Kim Bum gitu lah, jadi cowok macho macem Hyun Bin gitu lewat di gue. Tapi kenapa doi makin ke sini makin hot yawlaaa nggak kuat akutu :(

Umur gue yang makin tua apa bikin selera gue tua juga ya? :(

Hyun Bin udah ahjussi, om-om ganteng yang seger dan hot itu makin ke sini makin gemesin aku jadi heran ih!

Ahjussi, bolehkah aku jadi sedotannya?

Di drama ini doi ceritanya berstatus duda. Beuh cewek bego mana yak yang ninggalin cowok ganteng, kaya raya, dan gagah macem Hyun Bin gitu? Tapi di drama ini ada. Mantan istrinya, Lee Su Jin, ninggalin dia dan selingkuh sama sahabatnya. Kagak paham dah, writer-nim kayaknya sengaja bikin tokoh Yoo Jin Woo alias Zinu yang diperankan Hyun Bin ini punya cacat, bikin bininya nggak betah dan selingkuh.

Selain babang ganteng Hyun Bin yang jadi visual, ada juga Park Shin Hye. Kalo elo udah sering nonton drama Korea pasti setuju lah kalo Shin Hye ini cantik banget. Cantiknya tuh yang natural gitu, walopun nggak berubah mukanya dan makin dewasa, tapi sisi polos si Shin Hye ini selalu keliatan. Ngerti nggak maksud aing? Nggak? Yaudah!

Cantik banget, kalah saing :(

Di sini Park Shin Hye jadi dua karakter; satunya jadi Jung Hee Ju, cewek yang punya Hostel Bonita di Spanyol dan Emma, karakter di dalam game. Dia nih di sini cantik banget walopun sohibul misqueen. Apalagi pas jadi Emma, pake lipstik merah, bulu matanya lentik, matanya biru, dan rambutnya cantik, ditambah tudung merah bikin orang liat si Emma nih merinding sendiri saking cakepnya!

Awalnya gue kurang setuju kenapa Hyun Bin dipasangin sama Park Shin Hye. Selain gap umur, kayaknya nggak pas aja gitu. Apa karna gue tau doi mantan Song Hye Kyo dan digosipin deket sama Son Ye Jin, jadi ekspektasi gue doi cocoknya sama cewek yang umurnya sama?

Tapi pas gue nonton drama ini, gue langsung bilang "Yah emang sih karakter Jung Hee Ju emang pas buat Park Shin Hye!". Karakter cewek misqueen, tertindas, dan hidupnya menderita banget, pas dah buat Shin Hye!

Hi, Chan!

Eits, jangan lupa juga ada Chanyeol EXO, si ganteng kesukaan aing. Walopun doi tampil sedikit-sedikit banget, tapi rasanya bahagia gitu tiap adegan dia muncul.

ALUR CERITA


Nah, setelah gue heboh bahas betapa gantengnya Hyun Bin, baru deh gue bahas jalan ceritanya. HAHAHA! Sebenernya gue bukan orang yang mementingkan aktornya lho kalo nonton drama. Selama jalan ceritanya bagus pasti gue tonton, kok. Kebetulan Memories of the Alhambra ini punya jalan cerita unik dan kayaknya (CMIIW, ya) belum pernah dibikin juga.

Ceritanya tentang sebuah game petualangan berjudul Memories of the Alhambra, di mana pemainnya bermain game secara real. Bukan lewat hp atau PS, tapi benar-benar ada di dalam game itu sendiri. Game ini dibikin sama Jung Se Ju (diperankan Chanyel EXO), adiknya Jung Hee Ju.

Hmm, tampan yah?

Sebagai horang kaya raya, tampan, dan duda (ehem, penting nih statusnya biar greget!), Yoo Jin Woo (Hyun Bin) tertarik buat investasi dan beli game ini. Jin Woo nyobain sendiri game ini dan ketagihan sendiri mainnya. Tapi sayang, Se Ju sebagai pencipta game ini hilang. Maka dari itu, inti dari drama ini sebenernya bukan Jin Woo main game, tapi Jin Woo terjebak di dalam game demi menemukan Se Ju si pembuat game.

Buat elo yang suka dengan bumbu romantis, tenang! Karakter Hee Ju ini ada untuk melengkapi romansa kisah Jin Woo sebagai duda tampan yang membutuhkan sosok wanita yang mengerti dirinya (tsah elaaah). Ada adegan kissingnya juga walopun sebenernya menurut gue ya, adegan kissing di sini terlalu dipaksain. Nggak pas aja gitu sama adegannya.


Gue malah lebih appreciate drama yang udah keren dari segi cerita tanpa bumbu kissing. Macem Mr Sunshine gitu lah yang kisah cinta tragis tanpa ada adegan kissing, apalagi ena-ena! Penonton udah fokus sama karakter dan ceritanya aja. Nggak maksa ada adegan kissing juga.

Ya emang sih nggak bisa disamain, tapi menurut gue adegan kissing Jin Woo dan Hee Ju nggak pas aja momennya. Masa iya abis ribut sama temen kantor soal hidup mati perusahaan langsung kepikiran cipok cewek? Trus lagi dikejar musuh, ngumpet di ruang ganti, sebelum keluar masih sempet cipokan? Buat gue sih momennya terlalu dipaksakan.

Kebetulan juga gue nonton ni drama setelah tamat dan melihat pendapat para netizen yang budiman tentang ending drama ini. Kurang lebih gini nih:

"Yah gitu doang endingnya? Zinu berubah jadi serbuk Jas Jus!"
"Sad ending! Gue nggak ngerti lagi ni drama keren tapi endingnya sampah!"
"Nyesel gue udah ikutin ni drama tiap minggu tapi endingnya gitu doang!"

Dan lain-lain.....

Tapi menurut gue, ending Memories of the Alhambra ini keren banget! Justru gue suka banget dengan ending misterius begini di mana tokoh utama ini nggak diketahui nasibnya. Jadi di drama ini si Jin Woo hilang karena dihapus dari game. Setahun nggak ketemu dan balik, tau-taunya doi sibuk berkeliaran jadi pemain game misterius. Dan nggak ada tuh adegan 'happily ever after' di mana tokoh utama cowok dan cewek menikah dan hidup bahagia selamanya.

EFEK VISUAL



Salah satu faktor yang bikin drama ini unik juga karena efek visualnya. Seperti halnya game, drama ini banyak menyuguhkan efek-efek komputer yang keren banget untuk standar drama Korea. Masih inget dong drama Hwayugi di mana naga yang muncul mirip naga bikinan Indosiar? Nah, kalo di Memories of the Alhambra ini niat banget bikin efek visualnya. Mirip banget sama yang kita lihat di game gitu lah.

Gue juga sempet baca-baca kalo yang bikin drama ini (entah script writer atau sutradara) adalah orang yang juga pernah bikin drama W Two Worlds. Pernah nonton kan drama yang tokoh utamanya keluar-masuk webtoon itu? Jadi nggak heran sih kalo efek visualnya juga sama bagusnya.

MENGASAH OTAK


Gue ketawa sama sub judul ini hahaha berasa lagi cerdas cermat apa gimana sih! Tapi beneran deh, drama ini bikin gue ngasah otak karena ngajak mikir. Di awal gue selalu bertanya-tanya 'Kenapa bisa begini?' atau 'Eh, kok begitu?'. Tapi pada akhirnya pertanyan gue satu-persatu terjawab sepanjang 16 episode. Makanya selain mengasah otak, drama ini juga menguji keterampilan gue dalam mengolah emosi alias sabar buk, sabar!


Banyak banget pertanyaan yang nggak terjawab. Misalnya 'apa alasan Lee Su Jin cerai sama Jin Woo dan selingkuh sama sahabatnya?', trus lagi 'kenapa Jin Woo bisa nikah sama Go Yu Ra padahal nggak suka?'. Yang lebih penting lagi pertanyaan 'Kok bisa mereka yang mati pas main game dan Jin Woo sendiri malah jadi bugs?'.

Atau mungkin sebenernya udah terjawab secara tersirat tapi gue yang nggak ngerti? Apa Anda-Anda yang mampir di blog saya tahu jawabannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.